Analisis Proses Perubahan PT Semen Baturaja
Analisis
Proses Perubahan
Disusun oleh :
Elisa Yulistina
1620200012
Dosen Pengampuh :
Charisma Ayu Pramuditha, M.HRM
STIE MULTI DATA PALEMBANG
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
2019
KATA
PENGANTAR
Pertama-tama penulis panjatkan Puji
dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Rahmat-Nyalah makalah
ini dapat terselesaikan tepat waktu. Dengan membaca makalah ini penulis
berharap dapat membantu teman-teman serta pembaca dapat memahami materi ini dan
dapat memperkaya wawasan pembaca.Walaupun penulis telah berusaha sesuai
kemampuan penulis, namun penulis yakin bahwa manusia itu tak ada yang
sempurna.Seandainya dalam penulisan makalah ini ada yang kurang, maka itulah
bagian dari kelemahan penulis.Mudah-mudahan melalui kelemahan itulah yang akan
membawa kesadaran kita akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
Pada kesempatan ini penulis
mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan
makalah ini dan kepada pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca
makalah ini.Untuk itu penulis selalu menantikan kritik dan saran yang membangun
dari pembaca demi perbaikan penyusunan makalah ini.
Palembang, Oktober
2019
Penulis
i
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR .......................................................................................... i
DAFTAR
ISI ........................................................................................................ ii
BAB
1 : PENDAHULUAN ................................................................................. 1
1.1 Latar Belakang ................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ............................................................................... 3
1.3 Tujuan ................................................................................................. 3
BAB
2 : ISI ........................................................................................................... 4
2.1 Pengertian
Manajemen Perubahan.......................................................
4
2.2 Riwayat Perusahaan
PT Semen Baturaja.............................................
4
2.3 Perubahan yang
dilakukan PT Semen Baturaja....................................
6
BAB
3 : PENUTUP .................................................................................................10
3.1 Kesimpulan ......................................................................................... 10
3.2 Saran ................................................................................................... 10
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................................................. 11
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Semua organisasi merupakan bagian dari sistem sosial yang
hidup di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat itu sendiri memiliki sifat
dinamis, selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Karakteristik masyarakat
seperti itu menuntut organisasi untuk juga memiliki sifat dinamis. Tanpa
dinamika yang sejalan dengan dinamika masyarakat, organisasi tidak akan survive apalagi berkembang. Ini berarti
bahwa perubahan dalam suatu organisasi merupakan kebutuhan yang tidak dapat
dihindari. Secara terus menerus organisasi harus menyesuaikan diri dengan
tuntutan dan perubahan yang terjadi di lingkungannya. Proses penyesuaian dengan
lingkungan merupakan salah satu permasalahan besar yang dihadapi organisasi
modern.
Kecuali perubahan yang bertujuan menyesuaikan diri
terhadap perubahan lingkungan, organisasi kadang-kadang menganggap perlu secara
sengaja melakukan perubahan guna meningkatkan keefektifan pencapaian tujuan
yang sudah ditetapkan. Karena sifat dan tujuan setiap organisasi berbeda satu
sama lain maka frekuensi dan kadar perubahan yang terjadinya pun tidak selalu
sama. Organisasi-organisasi tertentu lebih sering mengalami perubahan,
sementara organisasi lain relatif jarang
melakukannya.
Menghadapi kondisi lingkungan yang selalu berubah
tersebut, tidak ada cara lain yang lebih bijaksana bagi seorang pimpinan
kecuali dengan memahami hakekat perubahan itu sendiri dan menyiapkan strategi
yang tepat untuk menghadapinya.
Suatu organisasi dapat meningkatkan nilai
dengan merubah struktur, budaya dan teknologi. Perubahan di dalam struktur
fungsional dapat membantu menyediakan suatu pengaturan dimana orang – orang
termotivasi untuk melakukannya.
Alasan mendasar organisasi memerlukan
perubahan adalah karena sesuatu yang relevan bagi organisasi telah berubah,
atau akan berubah. Oleh sebab itu, organisasi tidak punya pilihan lain kecuali
berubah juga. Perubahan ini terjadi karena adanya dorongan dari internal dan
eksternal perusahaan.
Menurunnya kinerja dari pada para karyawannya
yang berujung pada pelayanan yang kurang memuaskan sering menjadi faktor pemicu
dari internal organisasi untuk melakuakn perubahan dan faktor eksternalnya adalah
persaingan bisnis yang semakin ketat. PT Semen Baturaja melakukan perubahan
antara lain menambah jumlah SDM, dan merubah strategi.
1.2
Rumusan
Masalah
1.2.1
Apa yang dimaksud dengan manajemen
perubahan ?
1.2.2
Bagaimana riwayat perusahaan PT. Semen
Baturaja ?
1.2.3
Apa saja perubahan yang dilakukan PT.
Semen Baturaja ?
1.3
Tujuan
1.3.1
Untuk mengetahui apa itu manajemen
perubahan
1.3.2
Untuk mengetahui bagaimana riwayat peerusahaan
PT. Semen Baturaja
1.3.3
Untuk mengetahui apa saja perubahan yang
dilakukan PT Semen Baturaja
Bab
II
ISI
2.1
Pengertian
Manajemen Perubahan
Manajemen Perubahan adalah wujud
pendekatan melalui suatu proses untuk mengubah individu, tim, dan organisasi/
perusahaan menuju kondisi masa depan yang lebih baik. Manajemen perubahan (change management) sering
dikaitkan dengan manajemen sumber daya
manusia karena yang menjadi objek utama perubahan adalah sumber
daya manusia. Change management dalam
suatu perusahaan umumnya dilakukan dengan perubahan kebijakan yang sederhana
hingga kebijakan yang kompleks dan berpengaruh terhadap perubahan perusahaan.
Sebagai makhluk yang
dinamis, manusia tidak bisa berdiam diri dengan kondisi lingkungan yang
terus bergerak, sehingga perubahan diperlukan untuk mengarahkan pergerakan
manusia ke arah yang diinginkan demi mencapai tujuan bisnis atau perusahaan. Pada dasarnya, change management bisa
diartikan secara lebih luas berdasarkan sudut pandang dan tujuannya. Namun,
hampir semua manajemen perubahan bertujuan untuk mengelola bisnis atau
perusahaan kearah yang lebih baik demi mendapatkan lebih banyak keuntungan.
2.2
Riwayat
Perusahaan PT Semen Baturaja
Pada
saat didirikan pada 14 November 1974, Perusahaan lahir dengan nama PT
Semen Baturaja (Persero) dengan kepemilikan saham sebesar 45% dimiliki
oleh PT Semen Gresik dan PT Semen Padang sebesar 55%. Lima tahun kemudian,
pada tanggal 9 November 1979 Perusahaan berubah status dari Penanaman
Modal Dalam Negeri (PMDN) menjadi Persero dengan komposisi
saham sebesar 88% dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, PT
Semen Padang sebesar 7% dan PT Semen Gresik sebesar 5%. Beberapa tahun
kemudian yaitu pada tahun 1991, saham Perseroan diambil alih
secara penuh oleh Pemerintah Republik Indonesia.
Selanjutnya Perseroan terus mengalami perkembangan sehingga pada
tanggal 14 Maret 2013 PT Semen Baturaja (Persero) mengalami perubahan
status menjadi Perseroan terbuka dan berubah nama menjadi PT Semen
Baturaja (Persero) Tbk.
Perseroan
menjalankan roda usaha secara khusus dalam produksi Terak dengan pusat produksi
terletak di Baturaja, Sumatera Selatan. Sedangkan proses penggilingan dan
pengantongan semen dilaksanakan di Pabrik Baturaja, Pabrik Palembang dan Pabrik
Panjang yang selanjutnya didistribusikan ke daerah-daerah pemasaran
Perseroan. Adapun bahan baku produk semen Perseroan berupa batu kapur dan tanah
liat yang didapatkan dari lokasi pertambangan batu kapur dan tanah liat milik
Perseroan yang berlokasi sekitar 1,2 km dari pabrik di Baturaja. Bahan baku
pendukung lainnya seperti pasir silika didapatkan dari rekanan di sekitar
wilayah Baturaja; pasir besi diperoleh dari rekanan di provinsi Lampung;
Gypsum diperoleh dari Petro Kimia Gersik maupun impor dari Thailand; sedangkan
kantong semen diperoleh dari produsen kantong jadi yang dijual di dalam negeri.
Dalam rangka mengembangkan bisnis yang dijalankan, Perseroan menyempurnakan
peralatan yang sudah ada guna mencapai target kapasitas terpasang sebesar
50.000 ton semen per tahun sekaligus sebagai upaya meningkatkan kapasitas
terpasang. Untuk itu, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk melaksanakan Proyek
Optimalisasi I (OPT I). Proyek tersebut kemudian dimulai pada tahun 1992
dan selesai pembangunannya pada tahun 1994 dengan kapasitas terpasang meningkat
menjadi 550.000 ton semen per tahun.
Selanjutnya,
Perseroan menindaklanjuti proyek OPT I, dengan memulai proyek Optimalisasi II
(OPT II) pada tahun 1996 guna meningkatkan kapasitas menjadi sebesar 1.250.000
ton semen per tahun. Proyek OPT II telah selesai pada tahun 2001 dan telah
selesai dan aktif berproduksi hingga sekarang. Perseroan terus berupaya
mengembangkan usahanya yang untuk itu dibutuhkan pembiayaan investasi jangka
panjang dan sumber dana. Sebagai aplikasinya, Perseroan menerbitkan
obligasi I senilai Rp200 miliar dimana emisi obligasi ini merupakan program
lanjutan restrukturisasi keuangan guna meningkatkan profitabilitas serta
likuiditas Perseroan. Kemudian Perseroan melaksanakan kewajibannya
dengan melunasi pinjaman obligasi I pada bulan Juni 2010. Dalam kiprahnya
menghasilkan produk-produk semen, Perseroan terus meningkatkan kualitas yang
dihasilkan hingga akhirnya mampu dipercaya menangani proyek – proyek
prestisius. Pada tahun 2011, Perseroan terlibat dalam pembangunan proyek Cement
Mill dan Packer dengan kapasitas 750.000 ton semen per tahun yang kemudian
telah berhasil beroperasi secara komersil pada Juli 2013. Ketika itu, kapasitas
Perseroan telah meningkat menjadi 2.000.000 ton semen per tahun. Rencana
Perseroan untuk terus mengembangkan usaha dan menambah sumber dana bagi ekspansi
terus diupayakan. Untuk itu, Perseroan melaksanakan penawaran saham perdana
atau Initial Public Offering (IPO) pada 28 Juni 2013 dengan melepas 23,76% atau
2.337.678.500 saham ke publik. Dana ini ditujukan untuk membiayai pembangunan
pabrik Baturaja II dengan kapasitas 1,85 juta ton semen per tahun. Kini,
Perseroan telah merambah pasar utama di sekitar Sumatera Selatan dan Lampung
serta wilayah-wilayah Indonesia yang sedang menikmati pertumbuhan ekonomi yang
cukup baik dan stabil. Sasaran wilayah pemasaran ini juga sebagai langkah
meningkatkan.
Penjualan
serta mencapai kapasitas terpasang. Sedangkan untuk menyalurkan setiap
produk, Perseroan menggunakan distributor dengan jaringan yang tersebar
diseluruh wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Jambi dan Bengkulu. Hadirnya
Perseroan di tengah-tengah masyarakat dipercaya mampu memberikan manfaat baik
kepada Pemerintah Pusat dan Daerah berupa pajak dan retribusi, juga kepada
pemegang saham melalui pemberian dividen, dividen serta kepada masyarakat
sekitar melalui penyerapan tenaga kerja lokal, maupun dalam bentuk
kemitraan dan bina Lingkungan bagi masyarakat sekitar pabrik.
2.3
Perubahan
yang dilakukan PT. Semen Baturaja
2.3.1
Perubahan
SDM
SDM adalah partner utama yang dimiliki Perseroan
untuk mencapai cita-cita, visi serta misi Perusahaan.
Memiliki kualitas SDM yang andal dan tepat akan berdampak pada
pencapaian Perseroan dan menambah daya saing di tengah dinamika persaingan
usaha dan maraknya usaha-usaha sejenis lahir di tanah air. Selain itu,
Perseroan menyadari bahwa perdagangan bebas dunia saat ini perlahan terus
merambah sehingga menuntut hadirnya tenaga-tenaga kerja yang berdaya
saing tinggi dan mampu berkompetisi. Untuk itu, Perseroan menaruh
prioritas yang tinggi guna mempersiapkan seluruh SDM Perseroan untuk memiliki keterampilan
yang memadai serta menghidupi etos kerja dan karakter yang tangguh,
berintegritas dan memiliki semangat tinggi. Adapun kualitas ini
tidak hanya dituntut kepada karyawan namun juga kepada seluruh
jajaran manajemen Perseroan. Guna mencapai kualitas SDM tersebut,
Perseroan secara berkesinambungan mempersiapkan berbagai
program pengembangan sebagai upaya meningkatkan kualifikasi tingkat
pendidikan karyawan, baik dari pendidikan formal maupun non formal.
Perseroan memiliki SDM dengan kemampuan kerja, keahlian
dan inovasi kerja yang kompetitif. Dukungan jumlah karyawan
sejumlah 595 orang berkontribusi terhadap produksi semen menghasilkan
produktivitas sebesar 2.583,36 ton/tahun. Produkstifitas kerja
yang tinggi mampu mendukung operasional Perseroan
dalam mempertahankan pasokan produk di pasar wilayah Sumatera Bagian
Selatan (Sumbagsel). Sebagai bagian sasaran strategis Perseroan,
pelaksanaan proses regenerasi dan reorganisasi seiring
dengan pengembangan Perseroan dan rencana ekspansi di masa mendatang,
Perseroan melakukan penyesuaian jumlah karyawan seiring dengan
perkembangan usaha. Jumlah karyawan Perseroan komparatif perbandingan
2 (dua) tahun terakhir mengalami perubahan. Pada tahun 2014 jumlah
karyawan Perseroan tercatat sebesar 644 orang sedangkan pada tahun
2015 tercatat sebesar 595 orang.
2.3.2
Perubahan
Strategi
Dalam menghadapi
tantangan penjualan di masa depan, Perseroan juga telah mempersiapkan tiga
inisiatif, dikenal dengan nama “Inisiatif Tiga Gajah”, terdiri dari Cost
Leadership, Market Expansion dan Business Process Streamlining.
a. Cost Leadership
Pada inisiatif Cost
Leadership, Perseroan menargetkan nilai efisiensi hingga akhir tahun
mencapai Rp70-100 miliar. Efisiensi dilakukan melalui
berbagai langkah seperti mengurangi faktor clinker, penghematan
energi melalui penggunaan batubara dengan kalori yang lebih rendah (4.500 dan
5.500 kcal/kg), kontrak pengadaan batubara jangka panjang hingga 2020 dan
penggunaan tarif listrik I4 yang lebih murah. Efisiensi juga dilakukan pada
biaya distribusi dan logistik. Terakhir, pada Senin (31 Juli 2017), Perseroan
telah melakukan kerja sama angkutan kereta api dengan PT KALOG (Kereta Api
Logistik) untuk rute Stasiun Tiga Gajah (Baturaja) menuju Stasiun Tegineneng
(Lampung) sejauh 191 km dan Stasiun Pidada (Lampung) sejauh 227 km. Di Stasiun Tegineneng juga akan disiapkan gudang buffer
stock sebagai hub distribusi semen. Selain rute
tersebut, Perseroan sebelumnya telah menjalin kerja sama angkutan untuk rute ke
Palembang serta Lubuk Linggau.
b. Market Expansion
Pada insiatif market
expansion, Perseroan menargetkan pembukaan pasar baru seperti di Jambi
dan Bengkulu. Hingga Juni 2017, angka penjualan di Jambi dan Bengkulu telah
tumbuh menjadi 20.338 ton dan 15.338 ton.
c. Business Process Streamlining
Inisiatif terakhir yaitu Business
Process Streamlining yang bertujuan untuk melakukan
percepatan dalam proses pengambilan keputusan. Hingga akhir tahun, Perseroan
menargetkan volume penjualan semen mencapai 2.011.198 ton dan pendapatan
sebesar Rp1,83 triliun atau masing-masing tumbuh 23 persen dan 20 persen
dibanding tahun 2016 serta EBITDA sebesar Rp580 miliar, tumbuh 38% dibanding
tahun 2016.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dapat
disimpulkan bahwa, PT. Semen Baturaja melakukan perubahan sesuai dengan
perkembangan zaman, hal itu dilakukan agar produksi semen dapat bersaing dengan
perusahaan semen yang lain. Perubahan tersebut antara lain dari sumber daya
manusia, dan Strategi. Sumber Daya Manusia sangat berperan penting dalam suatu
perusahaan, karena jika sumber daya manusia bermasalah maka akan berpengaruh
terhadap produk yang akan dijual. Kemudian strategi, jika suatu perusahaan
tidak memiliki strategi maka perusahaan tersebut tidak dapat memajukan
perusahaannya.
3.2
Saran
1. PT
Semen Baturaja ketika melakukan perubahan dari sisi menambah SDM maka
perusahaan tersebut harus melakukan berbagai program pelatihan berkaitan dengan
penggunaan mesin atau teknologi yang canggih.
2. Limbah
yang dihasilkan dari semen diharapkan tidak mencemari lingkungan tempat tinggal
masyarakat.
DAFTAR
PUSTAKA
_____. _____. Manajemen
Perubahan: Pengertian, Tujuan, Tingkatan, serta Komponennya (Online). (https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-manajemen-perubahan.html. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2019)
_____. _____. Pesan
Presiden Direktur (Online). (https://semenbaturaja.co.id/profil-perusahaan/.
Diakses pada tanggal 19 September 2019)
_____. _____. Profil
Perusahaan (Online). (https://semenbaturaja.co.id/profil-perusahaan/.
Diakses pada tanggal 19 September 2019)
_____. _____. Sumber
Daya Manusia (Online). (https://semenbaturaja.co.id/profil-perusahaan/.
Diakses pada tanggal 19 September 2019)
Komentar
Posting Komentar