Review Jurnal MSDM
Review
Jurnal 1 MSDM
(Nasional)
Judul
|
PENGARUH MOTIVASI DAN
DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN
|
Jurnal
|
Jurnal Ilmu &
Riset Manajemen
|
Volume & Halaman
|
Vol. 3 No. 3
|
Tahun
|
2014
|
Penulis
|
Dian Mardiono, Supriyatin
|
Reviewer
|
Elisa Yulistina
(1620200012)
|
Tanggal
|
6 Mei 2018
|
Tujuan Penelitian
|
Untuk menganalisis
dan mengetahui :
- Pengaruh secara simultan variabel motivasi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT Graha Megaria Sutos di Surabaya, - Pengaruh secara parsial variabel motivasi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT Graha Megaria Sutos di Surabaya, - Manakah diantara motivasi dan disiplin kerja yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Graha Megaria Sutos di Surabaya. |
Subjek Penelitian
|
Subjek penelitian nya
yaitu karyawan dari PT Graha Megaria Sutos di
Surabaya yang masih aktif bekerja
|
Metode Penelitian
|
Jenis penelitian
menggunakan kuantitatif dengan metode kausal komparatif (causal comparative
research) dengan menggunakan survey. Penelitian kausal komparatif (causal
comparative research) yaitu jenis
penelitian dengan karakteristik masalah berupa hubungan sebab-akibat antara
dua variabel atau lebih (Sugiyono, 2008:74). sedangkan metode survey
merupakan suatu metode pengumpulan data yang menggunakan kuesioner atau
angket. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan
cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden
untuk dijawabnya (Sugiyono, 2008:135). Populasi adalah wilayah generalisasi
yang terdiri atas: obyek atau subjek yang mempunyai kualitas dan
karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan
kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2012:119). Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Graha Megaria Sutos di Surabaya berjumlah
98orang.
|
Langkah-langkah Penelitian
|
Langkah-langkah yang
digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
- Dokumentasi
yaitu teknik pengumpulan data yang
tidak langsung ditujukan pada subyek peneliti, namun melalui dokumen
yang ada pada PT Graha Megaria Sutos di
Surabaya, sedangkan dokumen yang dimaksud adalah dokumen-dokumen
tertulis yang berupa:ProfilPT Graha Megaria Sutos di Surabaya, Struktur organisasi
PT Graha Megaria Sutos di Surabaya, Daftar karyawan,
- Kuesioner
merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi
seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk
dijawabnya. Kuisioner yang dimaksud disini adalah teknik pengumpulan data
dimana peneliti memberikan pertanyaan kepada karyawan PT Graha Megaria Sutos
di Surabaya. Daftar pertanyaan
kuesioner yang berkaitan dengan motivasi dan disipin kerja terhadap kepuasan
kerjaPT GrahaMegaria Sutos di
Surabaya.
|
Hasil Penelitian
|
Berdasar perhitungan
secara simultan diperoleh nilai uji F 52.516 dengan sig sebesar 0,000 dengan
simpulan motivasi, dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan kerjakaryawan. Berdasar perhitungan secara parsial nilai
sig motivasi sebesar 0,000, dan nilai sig kepuasan kerja sebesar 0,000
< (α) 0,05, sehingga motivasi, dan
disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadapkepuasan kerja karyawan. Hasil
pengujian determinasi parsial (r2) variabel yang mempunyai pengaruh dominan
terhadap kepuasan kerja karyawan adalah motivasi karena mempunyai koefisien
determinasi parsialnya paling besaryaitu sebesar 0,3869.
|
Kekuatan Penelitian
|
Kekuatan penelitian
ini adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan membagikan kuesioner
secara langsung yang dapat membuat data menjadi akurat.
|
Kelemahan Penelitian
|
Kelemahan penelitian
ini adalah teknik pengumpulan data yang kurang banyak, dan kurangnya
penjelasan pada bagian hipotesis
|
Saran Reviewer
|
Harusnya lebih
diperjelas pada bagian hipotesis, dan diperbanyak untuk teknik pengumpulan
data, seperti dengan melakukan wawancara langsung, atau bisa juga melakukan
observasi/pengamatan
|
Review Jurnal 2 MSDM
(Nasional)
Judul
|
Pengaruh Kemampuan,
Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di
Lingkungan Kecamatan Tambaksari Surabaya
|
Jurnal
|
Kebijakan dan
Manajemen Publik
|
Volume & Halaman
|
Volume 2, Nomor 1
|
Tahun
|
2014
|
Penulis
|
Dimas Rizky Akbar
|
Reviewer
|
Elisa Yulistina
(1620200012)
|
Tanggal
|
6 Mei 2018
|
Tujuan Penelitian
|
Untuk menganalisis
dan mengetahui :
Apakah kemampuan
pegawai negeri sipil berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja pegawai
negeri sipil di Kecamatan Tambaksari Surabaya
Apakah motivasi pegawai
negeri sipil berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja pegawai negeri
sipil di Kecamatan Tambaksari Surabaya
Apakah kepuasan kerja
pegawai negeri sipil berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja pegawai
negeri sipil di Kecamatan Tambaksari Surabaya
|
Subjek Penelitian
|
Subjek penelitian nya
yaitu pegawai tetap di lingkungan Kecamatan dan di kantor kelurahan di
lingkungan Kecamatan Tambaksari Surabaya.
|
Metode Penelitian
|
Metode penelitian
yang digunakan adalah metode pendekatan deduktif. Disebut sebagai pendekatan
deduktif karena dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji (testing)
hipotesis melalui validasi teori atau pengujian aplikasi teori pada keadaan
tertentu (Indriartono & Bambang, 2002:23). Berdasarkan pendapat tersebut
sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah sebanyak 82 orang responden.
Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan sensus atau sampel jenuh, yaitu
teknik pengembilan sampel dengan menggunakan jumlah keseluruhan populasi
sebagai sampel. Jumlah sampel 82 orang berdasarkan jumlah pegawai tetap di
lingkungan Kecamatan dan di kantor kelurahan di lingkungan Kecamatan
Tambaksari Surabaya
|
Langkah-langkah Penelitian
|
Langkah-langkah yang
digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
menggunakan sensus
atau sampel jenuh, yaitu teknik pengembilan sampel dengan menggunakan jumlah
keseluruhan populasi sebagai sampel. Jumlah sampel 82 orang berdasarkan
jumlah pegawai tetap di lingkungan Kecamatan dan di kantor kelurahan di
lingkungan Kecamatan Tambaksari Surabaya
Teknik analisis dalam
penelitian menggunakan pendekatan analisa regresi linier berganda untuk
mengetahui tingkat pengaruh dari masing-masing variabel bebas yang diteliti
terhadap variabel terikat.
|
Hasil Penelitian
|
Terdapat bukti
signifikan adanya pengaruh positif kemampuan pegawai negeri sipil berpengaruh
terhadap peningkatan kinerja pegawai negeri sipil di Kecamatan Tambaksari
Surabaya. Peningkatan kemampuan baik dari sisi pengetahuan maupun
ketrampilan-keahlian pegawai dapat memperbaiki kinerjanya.
Analisis dan
pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa motivasi pegawai negeri sipil tidak
terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja pegawai
negeri sipil di Kecamatan Tambaksari Surabaya. Motivasi belum terbukti
menjadi tolak ukur yang dapat menentukan perubahan kinerja secara signifikan.
Walaupun demikian temuan penelitian mengkonfirmasi bahwa motivasi mempunyai
pengaruh positif terhadap kinerja pegawai negeri sipil di lingkungan
Kecamatan Tambaksari Surabaya.
Terdapat bukti
signfikan adanya pengaruh positif kepuasan kerja pegawai negeri sipil
terhadap peningkatan kinerja pegawai negeri sipil di Kecamatan Tambaksari
Surabaya. Kepuasan kerja yang baik dapat mendorong terjadinya peningkatan
kinerja layanan pada pegawai negeri di lingkungan Kecamatan Tambaksari
Surabaya.
|
Kekuatan Penelitian
|
Kekuatan penelitian
ini adalah pada bagian hipotesis lebih jelas
|
Kelemahan Penelitian
|
Kelemahan penelitian
ini adalah teknik pengumpulan data yang kurang banyak, dan kurangnya sumber
data
|
Saran Reviewer
|
Harusnya lebih diperbanyak
untuk teknik pengumpulan data, seperti dengan melakukan wawancara langsung,
atau bisa juga melakukan observasi/pengamatan, dan diperbanyak sumber datanya
|
Review Jurnal 3 MSDM
(Internasional)
Judul
|
THE EFFECTS OF
COMMITMENT, COMPETENCE, WORK SATISFACTION
ON MOTIVATION, AND PERFORMANCE OF EMPLOYEES AT INTEGRATED SERVICE
OFFICE OF EAST JAVA
(PENGARUH KOMITMEN, KOMPETENSI, KEPUASAN KERJA PADA MOTIVASI, DAN KINERJA KARYAWAN DI KANTOR PELAYANAN TERINTEGRASI JAWA TIMUR) |
Jurnal
|
International Journal of Advanced Research (Jurnal
Internasional Penelitian Lanjut)
|
Volume & Halaman
|
Volume 3
|
Tahun
|
2016
|
Penulis
|
Murgianto, Siti
Sulasmi, Suhermin
|
Reviewer
|
Elisa Yulistina
(1620200012)
|
Tanggal
|
6 Mei 2018
|
Tujuan Penelitian
|
Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk:
- Tentukan
dampak komitmen, kompetensi, kepuasan kerja terhadap motivasi karyawan
- Mengetahui
pengaruh motivasi kerja, komitmen, kompetensi dan kepuasan karyawan terhadap
karyawan kinerja.
|
Subjek Penelitian
|
Seluruh karyawan
Kantor Pelayanan Terpadu yang ada dan karyawannya di Provinsi Jawa Timur di
38 Kabupaten / Kota.
|
Metode Penelitian
|
Metode penelitian dengan
purposive sampling dengan pertimbangan karakteristik heterogenitas kabupaten
/ kota dengan populasi di masing-masing unit wilayah.
|
Langkah-langkah Penelitian
|
Langkah-langkah yang
digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
- Menentukan
Kantor Pelayanan Terpadu di Jawa Timur sebanyak 38 kantor, dari jumlah
tersebut akan diambil dari Kantor Pelayanan Terpadu di masing-masing Kantor
Deputi Gubernur dengan purposive sampling dengan pertimbangan karakteristik
heterogenitas kabupaten / kota dengan populasi di masing-masing unit wilayah
- Menentukan
populasi karyawan sebesar 250 karyawan dan menentukan jumlah sampel dengan
rumus Sovin yang ditetapkan sebanyak 154 karyawan.
|
Hasil Penelitian
|
Kinerja karyawan di
Kantor Pelayanan Terpadu Jawa Timur dapat ditingkatkan melalui peningkatan
motivasi kerja. Sementara itu, motivasi kerja dapat ditingkatkan melalui
peningkatan komitmen, kompetensi, dan kepuasan kerja. Bahwa Kantor Pelayanan
Terpadu Jawa Timur memiliki kinerja karyawan yang tinggi, dapat dibuat
rekomendasi dengan memperhatikan temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini.
Langkah-langkah yang perlu ditangani: (1) meningkatkan komitmen karyawan
melalui peningkatan indikator identifikasi dengan tujuan, termasuk membantu
karyawan untuk dapat bekerja semaksimal mungkin untuk membantu Kantor Layanan
Terpadu untuk meraih kesuksesan, untuk mengimplementasikan visi misi
organisasi, melaksanakan janji layanan, menyamaratakan persepsi tentang nilai-nilai
antara karyawan dan Kantor Layanan Terpadu, dan menginspirasi karyawan
melalui program kreatif. (2) meningkatkan kompetensi karyawan melalui
peningkatan indikator pengaruh langsung dan membangun kejujuran, termasuk
diskusi dan presentasi untuk meyakinkan peserta pertemuan, menggunakan teori
dan bukti dalam pendapat, membuat presentasi untuk menyesuaikan minat dan
level penonton, mencoba berbagai cara ketika mencoba untuk membujuk dan perlu
mencoba untuk menyesuaikan level atau minat audiens, serta diskusi tentang
minat dan level lainnya. (3) meningkatkan kepuasan karyawan dengan
meningkatkan kepuasan lingkungan fisik, tempat kerja yang baik, kenyamanan
tempat kerja yang mencakup peningkatan, menyesuaikan semua jenis kegiatan
yang dilakukan dalam pekerjaan, untuk melaporkan secara berkala perkembangan
atau perkembangan yang dicapai selama bekerja, memberikan otoritas yang tepat
bagi karyawan, meningkatkan bentuk kompensasi kepada karyawan, serta
membangun semangat kerja tim untuk rekan kerja juga aktif terlibat dalam
pekerjaan. (4) meningkatkan motivasi karyawan untuk meningkatkan motivasi
intrinsik, termasuk membangun rasa organisasi, memberikan kebebasan berpikir
kreatif dan inovatif, memberikan kebebasan karyawan untuk menentukan target
kinerja mereka sendiri, memberikan pelatihan, memberikan pengakuan atau
penghargaan bagi karyawan yang berkinerja baik, memberikan promosi kerja
berdasarkan kinerja, membangun otonomi kerja, memberikan pekerjaan yang
menarik dan menantang, memberikan kesempatan kepada karyawan untuk
berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, fleksibilitas dalam mengatur
kerja, mendorong karyawan untuk memiliki otoritas dan pengaruh, memberikan
harapan kepada karyawan dari delegasi otoritas dan kebutuhan yang diinginkan
(5) meningkatkan kinerja melalui ketepatan waktu dan disiplin.
|
Kekuatan Penelitian
|
Kekuatan penelitian
ini adalah pada bagian hipotesis lebih jelas
|
Kelemahan Penelitian
|
Kelemahan penelitian
ini adalah teknik pengumpulan data yang kurang banyak, dan kurangnya sumber
data
|
Saran Reviewer
|
Harusnya lebih diperbanyak
untuk teknik pengumpulan data, seperti dengan melakukan wawancara langsung,
atau bisa juga melakukan observasi/pengamatan, dan diperbanyak sumber datanya
|
Daftar
Pustaka
Komentar
Posting Komentar