Proses Bisnis di Sekitar MDP

Analisis Lingkungan Bisnis di Sekitar Kampus MDP



“ PKL IBU ELLY”
Disusun oleh :
Elisa Yulistina
1620200012

Dosen Pengampuh :
Charisma Ayu Pramuditha, M.HRM
STIE MULTI DATA PALEMBANG
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
2017

KATA PENGANTAR


Pertama-tama penulis panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Rahmat-Nyalah makalah ini dapat terselesaikan tepat waktu. Dengan membaca makalah ini penulis berharap dapat membantu teman-teman serta pembaca dapat memahami materi ini dan dapat memperkaya wawasan pembaca.Walaupun penulis telah berusaha sesuai kemampuan penulis, namun penulis yakin bahwa manusia itu tak ada yang sempurna.Seandainya dalam penulisan makalah ini ada yang kurang, maka itulah bagian dari kelemahan penulis.Mudah-mudahan melalui kelemahan itulah yang akan membawa kesadaran kita akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini dan kepada pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca makalah ini.Untuk itu penulis selalu menantikan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi perbaikan penyusunan makalah ini.

                                             Palembang,  Oktober 2017

Penulis


i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ..........................................................................................  i
DAFTAR ISI ........................................................................................................  ii
BAB 1 : PENDAHULUAN ....................................................................................1
1.1  Latar Belakang .................................................................................... 1
1.2  Rumusan Masalah ............................................................................... 3
1.3  Tujuan               ................................................................................... 3
BAB 2 : ISI ...........................................................................................................  4
2.1 Pengertian PKL (Pedagang Kaki Lima) .............................................. 4
2.2 Proses Bisnis PKL Ibu Elly.................................................................. 4
2.3 Analisis SWOT PKL Ibu Elly  .............................................................5
2.4 Kendala Pemilik dalam Mendirikan Usaha..........................................5
2.5 Inovasi ..................................................................................................5
BAB 3 : PENUTUP ............................................................................................... 7
            3.1 Kesimpulan ..........................................................................................7
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 8


ii

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang 
Ibu Elly seorang PKL(Pedagang Kaki Lima) yang berjualan di Jalan Veteran di dekat irigasi. Ia lahir di Palembang tanggal 20 Januari 1966. Ibu Elly sudah menjalani bisnis ini kurang lebih 3 tahun. Pertama kali membuka usaha ini beliau belum menyewa tempat, dan beliau menjual sanghai, lemper, pempek sagu, dan martabak, lalu produk ini dititip dengan pedagang kecil untuk dijual. Sejak itu orang –orang membeli dan memesan makanan dengan beliau. Produk yang juga dijual harganya murah sangat membantu masyarakat dengan pendapatan rendah. Ibu ini memiliki seorang suami yang mendukung usahanya, dan memiliki 2 orang anak yang juga mendukung usahanya. Perlahan-lahan ia menjual berbagai macam kue, dan juga menjual berbagai macam barang kebutuhan untuk memasak seperti gandum, sagu, telur, dll. Masyarakat yang membeli biasanya dari kalangan ibu-ibu. Ia orangnya sangat menjaga kebersihan, dan orangnya sangat ramah, terlihat dari selesai berjualan ia membersihkan tempat tersebut, dan cara ia melayani konsumen yang  ramah. Di rumah orang juga bisa membeli produknya, ketika di rumah yang melayani konsumen kedua anaknya.

1.2  Rumusan Masalah
1.2.1        Apa itu PKL (Pedagang Kaki Lima) ?
1.2.2        Bagaimana proses bisnis PKL Ibu Elly?
1.2.3        Bagaimana analisis SWOT  PKL Ibu Elly?
1.2.4        Apa kendala pemilik dalam mendirikan usaha?
1.2.5        Apa inovasi dari usaha tersebut ?

1.3  Tujuan
1.3.1        Mengetahui pengertian PKL (Pedagang Kaki Lima)
1.3.2        Mengetahui proses bisnis PKL Ibu Elly
1.3.3        Mengetahui analisis SWOT PKL Ibu Elly
1.3.4        Mengetahui kendala pemilik dalam mendirikan usaha
1.3.5        Mengetahui inovasi dari usaha tersebut


BAB II
ISI

2.1  Pengertian PKL (Pedagang Kaki Lima)
Pedagang Kaki Lima atau disingkat PKL adalah istilah untuk menyebut penjaja dagangan yang menggunakan gerobak. Istilah itu sering ditafsirkan karena jumlah kaki pedagangnya ada lima. Lima kaki tersebut adalah dua kaki pedagang ditambah tiga “kaki” gerobak (yang sebenarnya adalah tiga roda atau dua roda dan satu kaki). Saat ini istilah PKL juga digunakan untuk pedagang di jalanan pada umumnya.
Sebenarnya istilah kaki lima berasal dari masa penjajahan kolonialBelanda. Peraturan pemerintah daerahan waktu itu menetapkan bahwa setiap jalan raya yang dibangun hendaknya menyediakan sarana untuk pejalan kaki. Lebar luas untuk pejalan adalah lima kaki atau sekitar satu setengah meter.
Dari hasil penelitian oleh soedjana (1981) secara spesifik yang di maksud pedagang kaki lima adalah sekelompok orang yang menawarkan barang dan jasa untuk di jual diatas trotoar atau tepi/ di pinggir jalan, di sekitar pusat perbelanjaan /pertokoan,pusat rekreasi atau hiburan, pusat perkantoran dan pusat pendidikan, baik secara menetap ataupun tidak menetap, berstatus tidak resmi atau setengah resmi dan dilakukan baik pagi, siang, sore maupun malam hari.
Dari segi ekonomi tentunya jelas dapat dilihat bahwa dengan adanya PKL dapat diserap tenaga kerja yang dapat membantu pekerja tersebut dalam mendapatkan penghasilan. Dari segi sosial dapat dilihat jika kita rasakan bahwa keberadaan PKL dapat menghidupkan maupun meramaikan suasana. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, selain itu dalam segi budaya, PKL membantu suatu kota dalam menciptakan budayanya sendiri.

2.2  Proses Bisnis PKL Ibu Elly

Alasan beliau membuka usaha ini sebagai mengisi waktu luang dan menambah pendapatan, usaha ini dengan modal nya sendiri tanpa bantuan keluarga dengan jumlah kurang lebih Rp.3.000.000. Ia berjualan setiap hari pada pukul 06.00-15.00 WIB. Pemilik mengambil barang dengan agen-agen yang dipercayainya dengan kualitas dan harga yang bersahabatan. Pendapatan yang diterima beliau jika lagi ramai kurang lebih Rp. 700.000/ hari, sedangkan jika lagi sepi pendapatanya kurang lebih Rp.500.000/ hari. Ia berencana akan menyewa tempat yang luas jika ada pendapatan yang lebih dari cukup untuk menyewa. Sistem pemasaran nya dari mulut ke mulut ( Word Of Mouth), yaitu sistem pemasaran yang berupa pemberian rekomendasi baik secara individu maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal.

2.3  Analisis SWOT PKL Ibu Elly
Strength (Kekuatan)
·         Menambah produk makanan
·         Lokasi jualan yang strategis
·         Di rumah orang juga bisa membeli produknya,
·         Tidak ada karyawan
·         Menjelang lebaran produk seperti kue, telur, sagu habis terjual
·         Lokasi tempat tinggal dengan tempat jualan tidak jauh
·         Harga produk yang dijual tidak mahal

Weakness
·         Tempat yang kecil
·         Tidak ada meja
·         Jika hujan maka tempat nya akan banjir
·         Tidak menjual sayur-sayuran

Opportunities
·         Ia memiliki peluang mempromosikan produknya lewat media social
·         Jika dia menyewa tempat yang lebih besar, ia memiliki peluang untuk menjual minuman

Treath
·         Bersaing dengan PKL yang lain dari sisi harga
·         Ketika musim hujan, sedikit pembeli


2.4  Kendala Pemilik dalam Mendirikan Usaha
Kendala :
1.      Belum mengetahui produk apa saja yang mau dijual
2.      Memilih tempat dengan harga sewa yang murah dan nyaman
3.      Memilih agen-agen yang dapat bekerja sama.

2.5  Inovasi
1.      Dari sisi tempat
§  Tempatnya perlu diperbesar agar bisa menjual produk dalam jumlah banyak 

2.      Dari sisi pemasarannya
§  Sistem pemasarannya harus diperbanyak seperti lewat brosur, dan media social

3.      Dari sisi produk yang dijual
§  Karena yang membeli dari kalangan ibu-ibu maka ia juga dapat menjual sayur-sayuran.










BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa :
1.      Ibu Elly memulai berjualan kurang lebih 3 tahun.
2.      Ibu Elly  sering menambah produk makanan
3.      Sistem  marketing nya dari mulut ke mulut ( Word Of Mouth).
4.      Ibu Elly mengambil barang dengan agen-agen yang dipercayainya dengan kualitas dan harga yang bersahabatan.









DAFTAR PUSTAKA

Anggis. 2017. Makalah Tentang Pedagang Kaki Lima. (https://anggisdesendraputra.blogspot.co.id/2017/04/makalah-tentang-pedagang-kaki-lima.html Diakses pada tanggal 24 Oktober 2017)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waralaba Chatime

Proses MSDM Anak Bawang Resto & Cafe

Serikat Pekerja