Proses Bisnis di Sekitar MDP
“ PKL IBU ELLY”
Disusun oleh :
Elisa Yulistina
1620200012
Dosen Pengampuh :
Charisma Ayu Pramuditha, M.HRM
STIE MULTI DATA PALEMBANG
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
2017
KATA
PENGANTAR
Pertama-tama penulis panjatkan Puji
dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Rahmat-Nyalah makalah
ini dapat terselesaikan tepat waktu. Dengan membaca makalah ini penulis
berharap dapat membantu teman-teman serta pembaca dapat memahami materi ini dan
dapat memperkaya wawasan pembaca.Walaupun penulis telah berusaha sesuai
kemampuan penulis, namun penulis yakin bahwa manusia itu tak ada yang
sempurna.Seandainya dalam penulisan makalah ini ada yang kurang, maka itulah
bagian dari kelemahan penulis.Mudah-mudahan melalui kelemahan itulah yang akan
membawa kesadaran kita akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
Pada kesempatan ini penulis
mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan
makalah ini dan kepada pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca
makalah ini.Untuk itu penulis selalu menantikan kritik dan saran yang membangun
dari pembaca demi perbaikan penyusunan makalah ini.
Palembang, Oktober
2017
Penulis
i
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR .......................................................................................... i
DAFTAR
ISI ........................................................................................................ ii
BAB
1 : PENDAHULUAN ....................................................................................1
1.1 Latar Belakang .................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ............................................................................... 3
1.3 Tujuan
................................................................................... 3
BAB
2 : ISI ........................................................................................................... 4
2.1
Pengertian PKL (Pedagang Kaki Lima) .............................................. 4
2.2
Proses Bisnis PKL Ibu Elly..................................................................
4
2.3
Analisis SWOT PKL Ibu Elly .............................................................5
2.4
Kendala Pemilik dalam Mendirikan Usaha..........................................5
2.5
Inovasi ..................................................................................................5
BAB
3 : PENUTUP ............................................................................................... 7
3.1 Kesimpulan ..........................................................................................7
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................................ 8
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Ibu
Elly seorang PKL(Pedagang Kaki Lima) yang berjualan di Jalan Veteran di dekat
irigasi. Ia lahir di Palembang tanggal 20 Januari 1966. Ibu Elly sudah menjalani
bisnis ini kurang lebih 3 tahun. Pertama kali membuka usaha ini beliau belum
menyewa tempat, dan beliau menjual sanghai, lemper, pempek sagu, dan martabak,
lalu produk ini dititip dengan pedagang kecil untuk dijual. Sejak itu orang
–orang membeli dan memesan makanan dengan beliau. Produk yang juga dijual
harganya murah sangat membantu masyarakat dengan pendapatan rendah. Ibu ini
memiliki seorang suami yang mendukung usahanya, dan memiliki 2 orang anak yang
juga mendukung usahanya. Perlahan-lahan ia menjual berbagai macam kue, dan juga
menjual berbagai macam barang kebutuhan untuk memasak seperti gandum, sagu,
telur, dll. Masyarakat yang membeli biasanya dari kalangan ibu-ibu. Ia orangnya
sangat menjaga kebersihan, dan orangnya sangat ramah, terlihat dari selesai
berjualan ia membersihkan tempat tersebut, dan cara ia melayani konsumen
yang ramah. Di rumah orang juga bisa
membeli produknya, ketika di rumah yang melayani konsumen kedua anaknya.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1
Apa itu PKL (Pedagang Kaki Lima) ?
1.2.2
Bagaimana proses bisnis PKL Ibu Elly?
1.2.3
Bagaimana analisis SWOT PKL Ibu Elly?
1.2.4
Apa kendala pemilik dalam mendirikan
usaha?
1.2.5
Apa inovasi dari usaha tersebut ?
1.3 Tujuan
1.3.1
Mengetahui pengertian PKL (Pedagang Kaki
Lima)
1.3.2
Mengetahui proses bisnis PKL Ibu Elly
1.3.3
Mengetahui analisis SWOT PKL Ibu Elly
1.3.4
Mengetahui kendala pemilik dalam
mendirikan usaha
1.3.5
Mengetahui inovasi dari usaha tersebut
BAB II
ISI
2.1 Pengertian PKL (Pedagang Kaki Lima)
Pedagang Kaki Lima atau disingkat PKL
adalah istilah untuk menyebut penjaja dagangan yang menggunakan gerobak.
Istilah itu sering ditafsirkan karena jumlah kaki pedagangnya ada
lima. Lima kaki tersebut adalah dua kaki pedagang ditambah tiga “kaki” gerobak
(yang sebenarnya adalah tiga roda atau dua roda dan satu kaki). Saat ini istilah
PKL juga digunakan untuk pedagang di jalanan pada umumnya.
Sebenarnya istilah kaki lima berasal
dari masa penjajahan kolonialBelanda. Peraturan pemerintah daerahan waktu itu
menetapkan bahwa setiap jalan raya yang dibangun hendaknya menyediakan sarana
untuk pejalan kaki. Lebar luas untuk pejalan adalah lima kaki atau
sekitar satu setengah meter.
Dari hasil penelitian oleh soedjana
(1981) secara spesifik yang di maksud pedagang kaki lima adalah sekelompok
orang yang menawarkan barang dan jasa untuk di jual diatas trotoar atau tepi/
di pinggir jalan, di sekitar pusat perbelanjaan /pertokoan,pusat rekreasi atau
hiburan, pusat perkantoran dan pusat pendidikan, baik secara menetap ataupun
tidak menetap, berstatus tidak resmi atau setengah resmi dan dilakukan baik
pagi, siang, sore maupun malam hari.
Dari segi ekonomi tentunya jelas dapat
dilihat bahwa dengan adanya PKL dapat diserap tenaga kerja yang dapat membantu
pekerja tersebut dalam mendapatkan penghasilan. Dari segi sosial dapat dilihat
jika kita rasakan bahwa keberadaan PKL dapat menghidupkan maupun meramaikan
suasana. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, selain itu dalam segi budaya,
PKL membantu suatu kota dalam menciptakan budayanya sendiri.
Alasan beliau membuka usaha ini sebagai
mengisi waktu luang dan menambah pendapatan, usaha ini dengan modal nya sendiri
tanpa bantuan keluarga dengan jumlah kurang lebih Rp.3.000.000. Ia berjualan setiap
hari pada pukul 06.00-15.00 WIB. Pemilik mengambil barang dengan agen-agen yang
dipercayainya dengan kualitas dan harga yang bersahabatan. Pendapatan yang
diterima beliau jika lagi ramai kurang lebih Rp. 700.000/ hari, sedangkan jika
lagi sepi pendapatanya kurang lebih Rp.500.000/ hari. Ia berencana akan menyewa
tempat yang luas jika ada pendapatan yang lebih dari cukup untuk menyewa.
Sistem pemasaran nya dari mulut ke mulut ( Word Of Mouth), yaitu sistem
pemasaran yang berupa pemberian rekomendasi baik secara individu maupun
kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang bertujuan untuk memberikan
informasi secara personal.
2.3 Analisis SWOT PKL Ibu Elly
Strength (Kekuatan)
·
Menambah produk makanan
·
Lokasi jualan yang strategis
·
Di rumah orang juga bisa membeli
produknya,
·
Tidak ada karyawan
·
Menjelang lebaran produk seperti kue,
telur, sagu habis terjual
·
Lokasi tempat tinggal dengan tempat
jualan tidak jauh
·
Harga produk yang dijual tidak mahal
Weakness
·
Tempat yang kecil
·
Tidak ada meja
·
Jika hujan maka tempat nya akan banjir
·
Tidak menjual sayur-sayuran
Opportunities
·
Ia memiliki peluang mempromosikan
produknya lewat media social
·
Jika dia menyewa tempat yang lebih
besar, ia memiliki peluang untuk menjual minuman
Treath
·
Bersaing dengan PKL yang lain dari sisi
harga
·
Ketika musim hujan, sedikit pembeli
2.4 Kendala Pemilik dalam Mendirikan
Usaha
Kendala :
1.
Belum mengetahui produk apa saja yang
mau dijual
2.
Memilih tempat dengan harga sewa yang
murah dan nyaman
3.
Memilih agen-agen yang dapat bekerja
sama.
2.5 Inovasi
1.
Dari sisi tempat
§ Tempatnya
perlu diperbesar agar bisa menjual produk dalam jumlah banyak
2.
Dari sisi pemasarannya
§ Sistem
pemasarannya harus diperbanyak seperti lewat brosur, dan media social
3.
Dari sisi produk yang dijual
§ Karena
yang membeli dari kalangan ibu-ibu maka ia juga dapat menjual sayur-sayuran.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa :
1.
Ibu Elly memulai berjualan kurang lebih
3 tahun.
2.
Ibu Elly
sering menambah produk makanan
3.
Sistem
marketing nya dari mulut ke mulut ( Word Of Mouth).
4.
Ibu Elly mengambil barang dengan
agen-agen yang dipercayainya dengan kualitas dan harga yang bersahabatan.
DAFTAR
PUSTAKA
Anggis. 2017. Makalah Tentang Pedagang Kaki Lima. (https://anggisdesendraputra.blogspot.co.id/2017/04/makalah-tentang-pedagang-kaki-lima.html
Diakses pada tanggal 24 Oktober 2017)
85
BalasHapus